Headline

Rp 32 Milyar Lebih Dana Hibah Dan Belasan Pertanyaan Lainnya Jadi Pandangan Umum Abdul Karim Kemala Derna

Redaksi
Azhari Lubis
Abdul Karim Kemala Derna 



Blangkejeren(alabapos.com) Setiap Sidang di DPRK kurang seru rasanya jika ketua Fraksi Gabungan Gayo Peduli ini tidak melakukan interupsi bahkan kritikannya dalam pandangan umum saat sidang Paripurna selalu ditunggu tunggu awak media dan penggiat LSM,pasalnya Adik Kandung PJ Bupati pertama Gayo Lues ini,selalu black blakan serta didukung dengan data dan fakta dalam setiap statmennya khususnya dalam ruang lingkup masa sidang di DPRK Gayo Lues. Bang Karim sebutan lelaki separuh baya ini seakan menjadi bintang dan sorotan setiap kegiatan sidang DPRK.


Bahkan dalam pandangan umumnya Sabtu malam 28/11/2020 Abdul Karim Kemala Derna memberikan 19 poin pertanyaan kepada Pemkab Gayo Lues untuk diberikan jawaban yang benar oleh Bupati atas pandangan umum Dewan.pada sidang berikutnya

Adapun 19 poin tersebut adalah sebagai berikut


1.Pembentukan kota layak anak di Gayo Lues bagaimana wujud dari program yang ada dalam kegiatan tahun 2021 itu harus dijelaskan.


2.Sasaran dan pertumbuhan ekonomi makro sebesar 4.45 persen,pengangguran terbuka 2,09 persen.tingkat kemiskinan dikisaran 18.86 persen tahun 2021 sedangkan Gayo Lues merupakan daerah termiskin di Aceh,ini juga harus dijelaskan.


3.Strategi pembangunan Gayo Lues ditahun ke empat atas kepemimpinan Bupati saat ini.prioritas pada nilai tambah komoditi unggulan,Kami perlu penjelasan komoditi apa saja yang menjadi andalan Gayo Lues,sejauh mana promosinya di Luar daerah maupun Luar Negeri,apakah program tersebut tercover di anggaran 2021 Kami minta Bupati memberikan penjelasan ini.


4.PAD sebagai tulang punggung pendapatan Daerah,harus ditingkatkan sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada dana perimbangan,apakah ada upaya yang sistimatis untuk meningkat PAD itu ?


5.Lemahnya sistem birokrasi dan tata pemerintahan dimana maksud dan tujuan Pimpinan tidak terkorelasi pada pelaksanaannya,apakah untuk mengatasi masalah ini sudah tertuang dalam APBK 2021?


6.Daerah yang dikunjungi anggota dewan Kabupaten Sergai di Sumut dana Covid 19 Kabupaten itu hanya Rp 12 Milyar dengan jumlah penduduk jauh lebih banyak dari Gayo Lues.yang meninggal hanya 10 orang terkena covid18,bandingkan dengan Gayo Lues Dengan recofusing anggaran dengan mengeluarkan perbup sebanyak 6 atau


7 Perbup.apakah ada sesuatu yang salah dalam menangani pandemi ini di Gayo Lues? Dengan tenaga dan biaya yang cukup besar ? Bagaiman strategi kita menghadapi pandemi ini tahun 2021?


8.Bagaimana dan apa upaya yang telah dilakukan oleh Bupati dalam untuk mewujudkan pemerintahan yang responsive akuntable bersih dan sederhana dan berwibawa.karena hal ini ada dalam misi pembangunan Bupati.ini perlu penjelasannya.


9.Tahun anggaran 2021 ada pos dana hibah sebesar Rp 32.6 Milyar lebih,mohon penjelasan Bupati berapa bantuan untuk barang dan bentuk bantuan berupa uang dan kemana saja bantuan itu disalurkan sebagai calon penerimanya.


10.Bantuan sosial di APBK 2021 sebesar Rp 16.6 Milyar lebih untuk apa saja dan kemana dialokasikan? Mohon jawaban Bupati.


11.Anggaran Dishub untuk rambu rambu lalu lintas sebesar Rp 4.3 Mliyar lebih kami berharap dapat digunakan untuk menata semua rambu rambu jalan serta penataan lalu lintas di Gayo Lues khususnya di kawasan kota Blangkejeren.jalur jalan yang rawan Lala lantas sebaiknya dijadikan satu arah saja.


12.Penertiban areal parkir kami harapkan dapat dikelola dengan baik.jangan parkir sembarangan seperti yang terjadi selama ini khususnya Simpang empat rikit gaib.kenderaan parkir sesuka hatinya sehingga mengganggu pelintas lainnya.


13.Target PAD tahun 2021 sebesar Rp 55.9 Milyar lebih terlalu besar dan terkesan optimis ditengah pandemi Covid19,sedangkan diwaktu normal saja tahun 2019 lalu hanya Rp 51 Milyar ini juga mohon penjelasan.


14.Kami meminta penjelasan soal secara rinci yang ada pada pasal 12 dan 13 dalam RAPBK tentang pembiyaan daerah sebesar Rp 18 Milyar.


15.Program pendidikan Dayah menyerap anggaran sebesar Rp 5.7 Milyar lebih.kemudian ada anggaran Rp 4.1 Milyar lebih untuk sarana dan prasarana Pendidikan Dayah Hal ini juga perlu penjelasan.


16.Hal yang sama seperti di Dinas Pendidikan Dayah ada di Dinas Syariat Islam walau Anggarannya lebih kecil


17.Pada Dinas Pendidikan ada anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana dan utilitas sekolah sebesar Rp 3.6 Milyar lebih.hal ini mohon dijelaskan.


18.Pada RSUD Muhammad Ali Kasim terdapat kegiatan pelaksanaan penata usahaan,verifikasi keuangan sebesar Rp 25.4 Milyar lebih mohon dijelaskan kegunaan anggaran ini.


19.Masalah rumah potong hewan yang belum difungsikan,diminta untuk segera difungsikan untuk menambah PAD .


Abdul Karim Kemala Derna kepada awak media ini menyampaikan.apa yang disampaikan oleh anggota dewan pada pandangan umum anggota fraksi itu,dapat dijawab dengan baik dan benar oleh Bupati secara menyeluruh.

Penulis: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.