Headline

Dipimpin Wabup Kepala SKPK Jawab Pandangan Umum Anggota Dewan

Redaksi
Azhari Lubis
Kadis PUPR Gayo Lues Mansur ST saat menjawab pandangan umum anggota dewan terkait masalah jalan



Blangkejeren(alabaspos,com), Jawaban pandangan umum anggota dewan yang biasanya dijawab oleh Bupati atau Wakil Bupati,namun kali ini sangat berbeda sebab pada sidang APBK P Kabupaten Gayo Lues dalam sesi jawaban Bupati Selasa 29/09/2020 , yang dikomandoi Wakil Bupati Said Sani, seluruh kepala SKPK, memberi jawaban atas pandangan umum yang disampaikan oleh anggota dewan.


Satu persatu kepala SKPK yang ada hubungannya dengan pandangan umum anggota dewan naik ke mimbar dan menjawab apa apa saja yang disampaikan anggota dewan sebelumnya.


Dimulai dari penyampaian jawaban oleh Kepala Bappeda disusul Kepala Dinas Pertanian,Kepala Keuangan dan asset,Kepala Dinas PUPR Kepala Badan Kepegawaian dan Kepala SKPK lainnya.


Dengan jawaban pandangan anggota dewan oleh para SKPK terlihat semua transparansi apa apa saja yang telah dilakukan dan dikerjakan oleh para SKPK yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati,akibat transparansinya penyampaian oleh salah satu kepala SKPK membuat Ketua DPRK Ali Husin menyampaikan saran agar tidak semua dibuka diforum sidang ini.apalagi masalah yang terkait dengan seseorang pejabat publik.namun Wakil Bupati membantah dengan mengatakan bahwa hal ini dilakukan semata mata untuk sebuah akuntabilitas dan transparansi dalam setiap kinerja SKPK.


Apa yang dilakukan oleh Wakil Bupati Gayo Lues ini,dengan menampilkan para kepala SKPK menyampaikan jawaban atas pandangan anggota dewan.mendapat apresiasi dari ketua fraksi Gayo peduli Abdul Karim Kemala Derna.


"Kami sangat apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Wakil Bupati dengan memerintahkan semua Kepala SKPK untuk menjawab pandangan anggota dewan,artinya hal seperti ini merupakan sebuah ajang kompetensi bagi kepala SKPK untuk bertanggung jawab penuh sebagai perpanjangan tangan Bupati dan Wakil Bupati pada anggaran dan kinerja di satuan SKPK masing masing,sebab tanggung jawab itu juga ada pada mereka dan mereka lebih memahaminya dan mereka harus diberi ruang untuk menjawab apa yang jadi pandangan anggota dewan sebelumnya,disini juga akan terlihat kemampuan dan kredibilitas mereka sebagai pejabat daerah ini." Ujar Karim Kemala Derna.


Hal senada juga pernah disampaikan oleh Wakil Bupati Said Sani, bahwa ketika dirinya menggantikan Bupati jika tidak sempat hadir pada sidang DPRK, akan mengkomandoi semua kepala SKPK memberikan jawaba atas pandangan anggota dewan, agar mereka terbiasa menghadapi persoalan yang yang terjadi pada SKPK mereka masing masing, dan hal ini merupakan sebuah pembinaan mentalitas dan rasa tanggung jawab.


Tentunya apa yang dilakukan oleh Wakil Bupati Gayo Lues menjadi pembicaraan ditengah sidang APBK P tahun 2020, memang diluar kebiasaan tapi menghasilkan hal hal yang luar biasa karena transparansi setiap SKPK akan muncul saat menjawab pandangan anggota Dewan.


Penulis: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.