Headline

Besok Srinabila Harimau Asal Tapsel di Lepas di TNGL Gayo Lues

Redaksi
Azhari Lubis
Srinabila Harimau asal Tapsel akan dilepas di hutan TNGL Gayo Lues



Blangkejeren(alabaspos.com) Pelepasan Harimau Sumatra yang tertangkap dari luar Kabupaten Gayo Lues yang diberi nama Srinabila akan dilepas dikawasan hutan taman nasional Gunung Leuser yang berada di kecamatan Putri Betung atau yang lebih dikenal kawasan hutan Kappi,pelepasan si Ratu Hutan ini akan dilakukan pada Selasa 3/11/2020.


Srinabila harimau betina berusia sekitar 3 tahun ini seperti dituturkan Kasi pengelolaan taman nasional Gayo Lues Ali Sadikin tertangkap 24 Agustus 2020 lalu didesa tapus sipagimbal kecamatan Aek Bilah Tapsel.


Saat ditanyakan kenapa harimau ini dilepas di hutan Gayo Lues, Ali Sadikin mengatakan dipilihnya daerah ini karena pakan harimau cukup memadai di hutan louser, vegetasi Hutan TNGL Gayo Lues masih cukup bagus sebagai habitat harimau.sebelum pelepasan patroli razia jerat dilakukan dilokasi pelepasan sejak Agustus lalu.


Pihaknya juga sudah sosialisasikan ke warga secara tidak langsung.walau lepas harimau ini akan dipantau terus,preventif atas perburuan harimau SPTN 3 Gayo Lues memasang spanduk dengan jargon jangan bunuh harimau .orang Gayo pelindung harimau.


Tentang Harimau yang terjerat di desa Malelang Kecamatan Terangun beberapa waktu lalu, Ali Sadikin mengatakan akan segera dikembalikan ke habitatnya di hutan Malelang dan diberi nama Malelang Jaya.jika sudah sembuh akan dikembalikan kehutannya semula papar Ali Sadikin.


Pantauan media ini Senin malam 2/11/ 2020 dikantor SPTN 3 Gayo Lues berbagai pihak yang terlibat dalam pelepasan Harimau Srinabila besok,melakukan tekhnical meeting,dipimpin kepala Balai Besar Sumberdaya daya alam Sumatra Utara Dr Ir Hotmauli Sianturi ,para NGO pemerhati perlindungan Harimau memutuskan akan membawa Harimau asal Tapsel itu, dengan menggunakan helikopter sekalian membawa rombongan yang akan melakukan pelepasan Srinabila dihutan Kappi Kecamatan Putri Betung.



.

Penulis: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.