Headline

Bank Aceh Syariah Gayo Lues Gulirkan CSR Rp 100 Juta/Poktan ,Ada Poktan Ngaku Cuma Terima Rp 10 juta.

Redaksi
Istimewa
Data Poktan penerima CSR Bank Aceh Syariah Gayo Lues (sumber Bank Aceh Syariah) 



Blangkejeren(alabaspos.com) Dana Coorporate Social Responsibility (CSR) yang digulirkan oleh Bank Aceh Syariah Cabang Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues menimbulkan pertanyaan dipublik diduga kuat dana CSR sebesar Rp 1 Milyar tahun 2020 tidak tepat sasaran bahkan tidak sesuai dengan anggaran yang dikucurkan kepada kelompok tani penerima.


Beberapa waktu lalu media ini telah mengkonfirmasi Kacab Bank Aceh Syariah melalui Kasi Umumnya Feriyandu Putra, dimana Feriyandi Putra menjelaskan bahwa ada 10 Poktan penerima CSR masing masing Poktan menerima Rp 100 juta yang ditransfer via rekening bendahara Poktan,

Saat ditanyakan mekanisme pemberian bantuan CSR itu, tergantung dari usulan pemerintah daerah, sasaran dan manfaat dari CSR tersebut, diusulkan untuk pengembangan tanaman jahe merah,sebelumnya saat mengajukan proposal dana CSR dilakukan oleh pihak BUMD untuk mereka kelola, hal ini bertentangan dengan aturan sehingga tidak jadi dilaksanakan, kemudian ada 10 Poktan yang mengajukan proposal dan kesepuluh Poktan itu yang menerima CSR masing masing Poktan menerima Rp 100 juta.

Tentunya pihak BAS akan memonitor dan mengevaluasi bantuan itu,sebab dana CSR tersebut adalah dana bergulir,artinya kami akan tagih untuk digunakan bagi kelompok masyarakat lainnya. Jelas Feriyandi Putra.


Adapun 10 Poktan penerima CSR BAS tahun 2020 dari data Bank Aceh Syariah adalah :

1.Poktan Gaya Baru Alamat Desa Penampakan Uken Kec.Blangkejeren menerima Rp 100 juta.


2.Poktan Blang Empang alamat Desa Lempuh Kec.Blangkejeren menerima Rp 100 juta.


3.Poktan Tudung Tani Desa Cinta Maju Kec.Blang Pegayon menerima Rp 100 Juta.


4.Poktan Paya Subur Desa Umelah Kec.Blang Pegayon menerima Rp 100 juta.


5.Poktan Mutuahmi Desa Ramung Musara Kec.Putri Betung menerima Rp 100 Juta.


6.Poktan Tunas Mude Desa Gumpang Lempuh Kec.Putri Betung menerima 100 Juta.


7.Poktan Kati Maju Desa Pulo Gelime Kec.Tripe Jaya menerima Rp 100 juta.


8.Poktan Dewal Bemung Desa Bustanul Salam Kec.Blangkejeren menerima Rp 100 Juta.


9.Poktan Musara Pakat Desa Pepelah Kec.Pining menerima Rp 100 Juta.


10. Poktan Berawang Puring Desa Pining.Kec Pining menerima Rp 100 juta.(sumber data Bank Aceh Syariah).



Anehnya ketika awak media ini mengkonfirmasi kepada salah satu Poktan penerima CSR di kecamatan Putri Betung ketua Poktan Ramung Musara berinisial SHM, mengatakan bahwa Poktannya hanya menerima Rp 10 juta dari Rp 100 juta yang masuk ke rekening Poktannya.


SHM menceritakan bahwa Poktannya diikutsertakan oleh seseorang sebut saja oknum sebagai penerima CSR,kemudian melengkapi data dan menyerahkannya kepada Bank Aceh Syariah.setelah dana CSR masuk ke rekening Poktannya, oknum tersebut meminta agar uang yang sudah masuk ke rekening Poktannya segera ditarik seluruhnya.setelah uang itu kami tarik kami hanya menerima Rp 10 juta dari orang itu.


"Kami hanya menerima Rp 10 juta sisanya diambil sama orang itu yang mengaku mengurus dana CSR itu" ujar SHM tanpa mau menyebutkan nama si oknum".


Penulis: Tim

Situs ini menggunakan cookies.