Nasional

Panwaslih Gayo Lues ASN Harus Netral Pada Pemilu 2019

Redaksi

Blangkejeren(alabaspos),Panwaslih harus mampu mencegah segala bentuk pelanggaran  dalam proses pemilu mendatang, sejak awal hingga akhir. Selain itu, ditekankan juga agar Panwas komitmen berlangsung dengan Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER).


“Awasi proses pemilihan untuk meminimalisir timbulnya kecurangan pada proses pemilihan, mencegah kegaduhan, karena itu memang tugas Panwas,” ujar Asisten II Muhammad Noh, Rabu (28/11) pada Rakor Panwas di Gedung Bale Musara.


Harapan Noh, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye dan mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan pemilu.


Berkenaan dengan pengawasan terhadap ASN, Ia mengimbau kepada ASN, TNI dan Polri untuk mewujudkan pemilu demokratis, dan menjalankan tugas pencegahan terhadap pelanggaran pemilu yang berdasarkan asas, prinsip, dan tujuan sebagaimana amanat undang-undang.


Sementara Ketua Panwas Gayo Lues, Sulaiman, mengatakan setiap pengawas wajib mengawasi perkembangan pemilu sejak awal hingga akhir. Begitu juga dengan ASN, hanya diperbolehkan ikut dalam kampanye namun tidak dibenarkan berkampanye.


Selanjutnya, Koordinator Sekretariat Panwaslu, Junaidi Adam, berharap adanya peran aktif masyarakat dalam menjaga pemilu 2019 mendatang, dalam pengawasan partisipatif, ikhtiar pengawas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, yakni mendorong secara aktif peran masyarakat untuk melakukan pengawasan di semua pelaksanaan pemilu legislative dan presiden serta wakil presiden.

Kegiatan Rakor ini diikuti oleh 33 orang pengawas kecamatan dan 136 pengawas dari desa, dengan tujuan penyelenggaraan untuk membimbing para panwaslu kecamatan  dan panwaslu kampung mencegah dan menindaklanjuti segala bentuk penyimpangan yang terjadi dalam proses pemilihan.(Rel) 

Situs ini menggunakan cookies.