Headline

Pandemi Covid 19 Meningkat,Gayo Lues Butuh Alat SWAB

Redaksi
Istimewa
Alat SWAB 



Blangkejeren(alabaspos.com). Hasil SWAB untuk menentukan seseorang terpapar virus Corona atau Covid 19, khususnya bagi daerah yang tidak memiliki peralatan SWAB tentunya sangat menjadi kendala, pasalnya setiap pasien yang dirujuk ke RSUD selalu dilakukan Rapid tes apakah reaktif atau tidak, jika reaktif maka dilakukan uji SWAB dan hasilnya dikirim dahulu ke ibu kota provinsi jika seperti ke Banda Aceh.


"Sangat sulit memang yang selalu kami hadapi jika masih mengirim hasil SWAB ke Banda Aceh, saat ada pasien di RSUD hasil Rapid test reaktif.dilakukan SWAB, lalu menunggu dua atau tiga hari, ketika pasien tersebut meninggal dunia, dan dilakukan pemakaman mengikuti protokol kesehatan, kemudian hasil SWAB mengatakan negatif, ada keluarga yang tidak bisa menerima, tentunya ini akan jadi masalah, jika hasilnya positif juga akan menjadi tugas kami untuk melakukan tracking terhadap keluarga dan orang orang yang pernah kontak dengan pasien itu, memang sesuai aturan yang ada kami harus terapkan, namun disisi lain alat SWAB sangat jauh di Banda Aceh. Jika alat SWAB itu ada di RSUD tentunya hasil uji laboratoriumnya lebih cepat diketahui dan tindakan medis terhadap pasien pasti lebih cepat" ujar Kasatgas penanganan Covid 19 Gayo Lues Suhaidi kepada media ini beberapa waktu lalu.


Suhaidi berharap agar peralatan SWAB bisa dihadirkan di RSUD Muhammad Ali Kasim.sehingga penanganan pandemi Covid 19 yang terus melonjak di daerah ini bisa ditangani secepatnya. dan tidak lagi harus menunggu berhari hari.yang berdampak pada pasien.

Penulis: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.