Headline

Dinas Perkim Gayo Lues Bangun TPS Berbasis R3 Dan Savety Tank Komunal

Redaksi
Azhari Lubis /alabaspos.com
Proses Pembangunan TPS R3 



Blangkejeren(alabaspos.com) Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Gayo Lues bangun Tempat Pembuangan Sampah dan Safety Tank bagi di Kampung Penomon Jaya dan Kampung Cane Toa Kecamatan Rikit Gaib begitu juga di Kampung Pangur Kecamatan Dabun Gelang dibangun 1 Unit Tempat Pembuangan Sampah.


Kadis Perkim Gayo Lues Jakaria.S Hut menjelaskan kepada awak media ini beberapa hari lalu di kantornya. Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah di Kampung Cane Toa,Penomon Jaya dan Pangur dengan sistem pembuangan terpisah artinya tempat pembuangan sampah tersebut akan memilah berbagai jenis sampah,yakni jenis sampah digunakan kembali (reuse),mengurangi (reduse) dan daur ulang (recycle).

Semua sampah akan dipisahkan misalnya botol plastik dan sejenisnya dikumpulkan untuk dapat didaur ulang,jenis sampah yang dapat dijadikan pupuk,dan sampah yang tidak dapat dimanfaatkan akan dikirim ke TPA Blang Nangka.Banguman TPS itu nantinya akan dilengkapi dengan mesin pencacah sampah,juga kenderaan bermotor grobak untuk mengangkut sampah.


Selain itu Dinas Perkim juga membangun Safety Tank di Kampung Penomon Jaya dan Cane Toa, masing masing lima unit, Safety Tank ini dibangun secara komunal artinya untuk satu unit Safety Tank untuk 25 Rumah Tangga.semua dilengkapi dengan pemasangan IPAL (instalasi Pembuangan Air Limbah.


Menurut Jakaria S.Hut dibangunnya Safety Tank di dua Kampung itu disebabkan Keduanya masuk dalam kategori kampung stunting, sedangkan pembangunannya dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat setempat.anggaran yang digunakan berasal dari dana DAK tahun 2021.


Penulis: Azwat Khalfi Lubis

Editor: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.