Gayo Lues

BNNK Gayo Lues Laksanakan Rapat Kerja Bersama Stake Holder

Redaksi
Azhari Lubis
Suasana kegiatan Rapat Kerja BNNK Gayo Lues Dengan Stakeholder



Blangkejeren(alabaspos.com) BNNK Kabupaten Gayo Lues Kamis 18/2/2021 melaksanakan kegiatan rapat kerja bersama stake holder Kecamatan Dabun Gelang, kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan sinergi program pemberdayaan alternatif.

Fauzul Iman selaku kepala BNNK Gayo Lues menyebutkan bahwa pelaksanaan Rapat itu merujuk kepada Inpres Nomor 2 tahun 2020. Yang mengamanatkan kepada pemerintah Daerah agar melakukan Fasilitasi dan melaksanakan Rencana Aksi Daerah (RAD) P4GN periode tahun 2020 - 2024.


Arah kebijakan Pemberdayaan Alternatif sejalan dengan arah kebijakan Badan Dunia PBB urusan Narkotika dan Kejahatan (UNODC) bahwa dalam upaya memperlambat laju penyalahgunaan narkotika diseluruh dunia. Ujarnya


Fauzul Iman juga mengatakan, Bagi negara yang memiliki tanaman Narkotika harus dilaksanakan Program Pemberdayaan Alternatif. Sejalan dengan program nasional yaitu tercipta nya lingkungan yang "Bersinar" ( Bersih dari Narkoba) dan secara khusus menurunkan angka kultivasi ganja di Kabupaten Gayo Lues. Dan BNNK Gayo Lues mengharapkan ada sinergisitas dan kolaborasi perencanaan daerah,dari desa sampai ke kabupaten.BNNK Gayo Lues akan melaksanakan program life skill yang diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.


Wakil Bupati H.Said Sani pada acara tersebut selain melakukan pembukaan kegiatan juga menjadi salah satu Nara sumber,pada penekanannya Wabup Gayo Lues ini menyampaikan, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk membersihkan Daerahnya dari ancaman Narkoba termasuk masalah tanaman ganja, dengan meningkatkan bantuan kepada masyarakat petani dari berbagai komoditi pertanian dan perkebunan termasuk berbagai jenis bibit tanaman seperti bawang jahe dan lainnya termasuk dalam program SECO, Wabup berharap agar masyarakat menjauhi Narkoba dan jika ada peredaran narkoba dalam wilayahnya khususnya kepada kepala desa dan aparatur desa,sebaiknya segera dilaporkan kepada aparat hukum,jangan sampai generasi muda yang ada di desa desa dalam wilayah Kabupaten Gayo Lues, dirusak oleh Narkoba dan ini sangat merugikan baik pada diri sendiri.keluarga dan juga masyarkat.


Nara sumber lainnya adalah Kadis PMK Sartika Mayasari STTP.MA sebagai Narsum Perempuan kelahiran Gayo Lues yang sedang menyelesaikan S3 nya untuk memperoleh gelar Doktor di Universitas Sumatera Utara ini.memaparkan peranan BUMK dalam pemberdayaan alternatif dimana sebelumnya Sartika Mayasari menyampaikan kepada media ini,bahwa peranan BUMK jika diperdayakan dengan baik dan memiliki kemampuan dari segi SDM nya.dapat menjadi penggerak dan motor ekonomi Gayo Lues, paling tidak BUMK sebagai badan usaha yang dimiliki masyarakat Desa/Kampung dengan modal yang ada mampu memenuhi kebutuhan warganya dengan harga yang terjangkau serta mampu mewujudkan industri kecil hingga tidak semua kebutuhan warganya harus dari luar,agar perputaran ekonomi/uang mengalir didaerah ini. Ujarnya.


Penulis: Azhari Lubis

Situs ini menggunakan cookies.